Widget HTML Atas


Membuat Program Seleksi Switch - Case





Struktur Switch-Case

Perintah switch-case sama aja dengan if, yaitu buat mengseleksi.
Tapi keliatannya switch-case lebih sederhana untuk menangani seleksi yang lebih banyak. Liat aja dulu strukturnya.


Stuktur switch-case
 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
switch (expression)
{
case constant1:
group of statements 1;
break;
case constant2:
group of statements 2;
break;
.
.
.
default:
default group of statements
}

Penjelasan:
baris 1:
Perintah switch akan membandingkan isi expression dengan contast1, constan2, dst (lihat baris 3 dan 6). Jika isi expression sama dengan constant1, maka kode program akan loncat ke baris program 3, kemudian loncat ke baris 14 untuk mengakhiri program.

"Gimana kalau ternyata isi expression-nya sama dengan constant2 ?"
Yaa otomatis, program akan loncat dari baris 1 menuju nilai constant2 di baris 6, kemudian loncat ke baris 14 untuk mengakhiri program.

"Trus, gimana kalau isi expression-nya tidak ada yang sesuai dengan semua nilai constant-nya ?"
Nah, kalau kejadiannya seperti itu, maka program akan loncat dari baris 1 ke baris 12 menuju default dan mengeksekusi baris program 13 hingga 14.

baris 3 sd 5:
kode program yang akan dieksekusi jika isi expression sama dengan constant1

baris 6 sd 8:
kode program yang akan dieksekusi jika isi expression sama dengan constant2

baris 9 sd 11:
bagian ini maksudnya, kalau akan menambahkan dengan sub program constant3, constant4, constant5, dst
bagian ini tdk ada di kode program sebenarnya, liat aja contoh program sebenarnya.

baris 12 sd 13:
Baris program default berfungsi jika isi expression tidak ada yang sama dengan constant1, constant2, constant3, constant4, dst

Cuplikasi kode programnya seperti ini:

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
switch (x) {
  case 1:
    cout << "nilai x adalah 1";
    break;
  case 2:
    cout << "nilai x adalah 2";
    break;
  default:
    cout << "nilai x gak ada";
  }

Supaya lebih jelas lagi, yuk kita lihat contoh program lengkapnya.
Jangan lupa langsung di coba programnya.




Contoh Program Switc-Case

Silahkan coba program Switch-Case ini yaa.
 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
#include <iostream>
using namespace std;

int main ()
{
  int x;
  cout <<"Ketik angka 1 sd 10 : ";
  cin >> x; //baca data

  switch (x) {
  case 1:
    cout << "yang anda ketik adalah 1";
    break;
  case 2:
    cout << "yang anda ketik adalah 2";
    break;
  default:
    cout << "angka yg anda ketik belum terdaftar";
  }
}


Video Tutorial

Coming soon








Video Tutorial

Coming soon



No comments for "Membuat Program Seleksi Switch - Case"

Gratis! Buku Pemanfaatan Teknologi Berbasis Teknologi
Cocok dimiliki oleh para pendidik yang suka berinovasi di kelas
okeguru.com marketplace

Ads by Oke Guru
Buku 68 Model Pembelajaran Inovatif
Cocok dimiliki oleh para pendidik yang suka berinovasi di kelas
http://toko.okeguru.com

Ads by Oke Guru
Buku 68 Model Pembelajaran Inovatif
Cocok dimiliki oleh para pendidik yang suka berinovasi di kelas
http://toko.okeguru.com

Ads by Oke Guru

Berlangganan via Email