Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting


Cara Membackup Kelas - Tutorial Moodle ver 3.8x

Tutor.Okeguru.Com - Cara Membackup Kelas - Tutorial Moodle ver 3.8x

Halo sobat okeguru.
Suatu saat kelas maya saya hilang tiba - tiba. Padahal isinya sudah lengkap. Mulai dari skenario pembelajaran, materi hingga evaluasinya.

Jagan sampai kejadian ini dialamai oleh sobat okeguru. Karena sakitnya tu disini (kata cita citata) ☺
Akhirnya saya tulis tutorial "Cara Membackup Kelas".

Cara Membackup Kelas

Kegiatan mem-backup kelas adalah mengambil seluruh berkas isi materi dalam kelas maya kemudian menjadi satu file berkas backup. Caranya sangat mudah. Sobat okeguru masuk kedalam kelas maya moodle yang diampu. Kemudian klik tombol pengaturan dan klik menu Backup.

Selanjutnya tinggal mengikuti instruksi untuk mengklik tombol Next. Lebih detail lagi sudah saya siapakan video tutorialnya.

Tapi sebelum melihat video tururialnya. Sobat okeguru harus tahu dulu deh cara mengembalikan atau menyalin kelas yg sudah di-backup ke dalam kelas yang baru.

Cara Restore Kelas

Setelah berhasil melakukan backup kelas. Selanjutkan menyalin hasil backup ke dalam kelas baru. Saya sebut dengan Cara Restore Kelas. Hasilnya, akan menyalin seluruh isi materi kelas yang di backup tadi ke dalam kelas baru. Jadi gak usah repot lagi buat materi atau penugasan yang baru.

Caranya sama persis dengan melakukan backup. Bedanya, untuk melakukan restore kelas dilakukan di kelas yang baru. Klik menu pengaturan kemudian klik menu Restore atau Kembalikan

Selanjutnya tinggal mengikuti instruksi untuk mengklik tombol Next. Lebih detail lagi sudah saya siapakan video tutorialnya.

Video Cara Backup dan Restore Kelas

Update video tutorial Cara Membackup Kelas akan selalu update di chanel Y Wisnurat. Pastikan sobat okeguru mengklik tombol SUBCRIBE supaya jadi yang pertama mendapatkan update info terbaru.
Selengkapnya, cara mem-backup kelas kita simak tayangan berikut ini !


Seperti itulah Cara Membackup Kelas - Tutorial Moodle ver 3.8x.  Jangan lupa berbagi informasi. Jika ada penjelasan yang kurang jelas atau salah, silahkan tulis di kolom komentar.

Karena berbagi itu indah, bagikan artikel ini untuk saling berbagi informasi.
Salam inovasi, Salam implementasi.
~☺~

Post a Comment for "Cara Membackup Kelas - Tutorial Moodle ver 3.8x"

Berlangganan via Email