Widget HTML #1


4 Bagian Perintah Prompt Copilot Perlu Diketahui

Prompt Copilot

Halo temen - temen okeguru. Jangan langsung berikan perintah ke AI. Karena bisa jadi akan mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan.

Ada banyak pilihan AI yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi. Salah satunya adalah Copilot. Perintah teks yang diberikan kepada AI disebut dengan prompt.

Dalam merancang prompt untuk Copilot, perlu memahami empat komponen utama yaitu : target, konteks, harapan, dan sumber. Keempat hal itu jadi kunci untuk mendapatkan hasil yang optimal. Berikut penjelasan singkat dari masing-masing bagian:

1. Target (target).

Menentukan subjek atau fokus utama dari prompt Anda. Ini bisa berupa tugas tertentu, topik, atau masalah yang ingin Anda selesaikan.

Contoh : Ide Pembelajaran Kreatif untuk Siswa Menengah Atas

2. Konteks (context).

Memberikan informasi latar belakang yang relevan dengan target. Konteks membantu Copilot memahami situasi secara lebih mendalam.

Contoh : Saya adalah seorang pendidik yang mencari cara inovatif untuk mengajar konsep matematika dan sains yang sering dianggap sulit dan membosankan oleh siswa.

3. Harapan (expectation).

Menggambarkan hasil yang Anda inginkan dari Copilot. Apakah itu jawaban informatif, solusi kreatif, atau sesuatu yang lain.

Contoh : Saya ingin daftar ide pembelajaran kreatif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memudahkan pemahaman konsep.

4. Sumber (source)

Jika diperlukan, sertakan sumber informasi atau data yang harus digunakan Copilot dalam merespons prompt Anda.

Contoh : Gunakan metode pembelajaran aktif dan strategi pedagogis terkini sebagai referensi

Contoh Prompt Selengkapnya

Ide Pembelajaran Kreatif untuk Siswa Menengah Atas. Saya adalah seorang pendidik yang mencari cara inovatif untuk mengajar konsep matematika dan sains yang sering dianggap sulit dan membosankan oleh siswa. Saya ingin diberikan daftar ide pembelajaran kreatif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memudahkan pemahaman konsep. Gunakan metode pembelajaran aktif dan strategi pedagogis terkini sebagai referensi.
Hasil Copilot AI

Dengan memperhatikan keempat komponen ini saat membuat prompt, akan membantu Copilot untuk menghasilkan respons yang lebih akurat dan bermanfaat sesuai dengan kebutuhan.

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa dibagikan yaa
Salam inovasi, Salam implementasi.
~☺~

Wisnurat
Wisnurat Teacher, Public Speaker, Writer, Blogger, Education Content Creator and Enterpreneur.

Post a Comment for "4 Bagian Perintah Prompt Copilot Perlu Diketahui"

SUBCRIBE

Ada video terbaru di Channel YTube Pa Wisnurat
Cek tombol subcribe di atas.